11 Bahan Jamu Agar Awet Muda

0
231
- Advertisement -

Sobat udah pada tahu belum sih, ternyata disekeliling kita banyak sekali bahan bahan yang mempunyai khasiat agar kita tetap awet muda?

Bahan-bahan tradisional ini mudah sekali didapat, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, ternyata untuk tetap awet muda tidak harus mahal, dan dengan bahan-bahan yang akan kami sebutkan dibawah nanti, kalian juga akan  sehat  lho, sudah awet muda, sehat pula, siapa sih yang gak mau?

Yuk kita langsung lihat bahan-bahannya.

Daun Sirih

Daun sirih ini punya segudang manfaat lho untuk sobat yang ingin awet muda dan sehat, beberapa manfaat daun sirih untuk awet muda adalah kandungan antioksidan-nya yang tinggi dapat menjaga tubuh kita dari radikal bebas.

Macam-macam penelitian telah dilakukan dan di ketahui bahwa sirih mengandung zat yang bernama arecoline pada seluruh bagian tanamannya, arecoline adalah zat yang bermanfaat untuk merangsang system saraf pusat dan mengurangi resiko ke-pikun-an.

Pada daunnya mengandung eugenol yang mempunyai manfaat untuk meredakan nyeri (analgesic). Kandungan betlephenol dan chavicol-nya pada daun sirih ini mempunyai fungsi sebagai anti kuman dan anti jamur.

Ternyata gak hanya ketika mimisan aja kita memerlukan daun sirih ya?

Kunyit Asam

Minuman dari kunyit asam ini sudah dikenal oleh masyarakat karena vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang terkandung di dalam nya bermanfaat untuk kulit agar bersih bercahaya dan terbebas dari jerawat selain itu kunyit asam juga bermanfaat untuk mengontrol dan melawan bakteri penyebab bau badan, mengurangi nyeri pada saat haid, dan melancarkan haid.

Jamu pahit

Sangat sesuai dengan namanya ya sobat, rasanya benar pahit lho, tapi gak sebanding dengan segudang manfaat yang kita dapatkan dari jamu ini, umumnya bahan-bahan yang terkandung dalam jamu ini adalah brotowali, daun meniran, sambiloto, lengkuas, serai, lempuyang, temu ireng, dan adas, meskipun pahit jamu ini mempunyai manfaat untuk mengatasi kulit yang gatal-gatal, melancarkan peredaran darah, mengurangi bau badan dan dapat mencegah jerawat.

Lidah buaya

Mempunyai kandungan saponin sebagai anti mikroba atau anti kuman, lidah buaya juga memiliki senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi manusia, khusus untuk kecantikan lidah buaya biasa digunakan karena mempunyai senyawa untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

Masih banyak lagi manfaat lidah buaya, tumbuhan ini juga memiliki kemampuan sebagai anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan regenerasi pada tingkat sel. Selain itu lidah buaya ini mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, dan ini sangat bermanfaat tentunya untuk penderita diabetes, menrangsang system imun terhadap serangan kanker dan dapat mengatasi gangguan pada hati.

Madu

Sudah rasanya manis dan enak, ternyata madu juga menyehatkan lho. Madu sangat terkenal sebagai bahan pelembab kulit yang terbaik, berbagai macam kandungan mineral dan berbagai kandungan mikro organik nya dapat membuat madu meremajakan kulit dan mempercepat proses regenerasi pada jaringan kulit, madu dapat menjadi penghilang keriput jika digunakan secara rutin. Selain itu madu juga sudah terbukti sebagai probiotik yang baik untuk pencernaan.

Jeruk nipis

Kebanyakan dari kita tahu bahwa jeruk nipis sering digunakan untuk tambahan rasa untuk kuliner, tapi tahu gak sih sobat kalau jeruk nipis juga ternyata mempunyai banyak manfaat untuk wajah? kandungan vitamin C yang tinggi, asam sitrat, flavonoid dan berbagai kandungan vitamin lainnya pada jeruk nipis mempunyai banyak manfaat pada wajah agar tetap awet muda, jeruk nipis mempunyai manfaat sebagai anti aging, mengatasi pori-pori wajah yang lebar, mengurangi dan bahkan menghilangkan jerawat.

Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis ini dapat mengatasi hiperpigmentasi dan menghambat pembentukan dan produksi melanin, juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, nah karena berbagai kelebihan tadi jeruk nipis dapat membuat wajah anda menjadi lebih bercahaya.

Jeruk nipis juga memiliki sifat sebagai antibiotik pada air nya, dan air jeruk nipis ini juga dapat digunakan sebagai toner atau pembersih wajah, dan jika sobat membersihkan wajah dengan air jeruk nipis ini maka pertumbuhan kuman dan bakeri di wajah dapat ditekan secara drastis, hebat kan?

Sambiloto

Jamu dengan rasa yang pahit ini memiliki banyak kandungan positif untuk tubuh dan organ dalam, kandungan androfolit, andrografin dan panikulin memiliki sifat antibiotik alami, oleh sebab itu jamu ini mempunyai manfaat megurangi resiko penuaan dini dan juga menjaga organ tubuh dari radikal bebas, jamu ini juga dipercaya dapat meningkatkan system pertahanan tubuh terhadap infeksi yang dapat menurunkan kinerja pada bagian organ.

Sinom.

Menurut kami sinom ini lah jamu paling enak dari semuanya, kenapa? Karena rasanya yang segar dan manis, dari anak-anak sampai yang sudah tua pun pasti suka sama rasanya, eh tapi diluar rasanya yang enak ternyata kandungannya banyak banget, dan bermanfaat buat kesehatan lho sobat.

Jamu ini terbuat dari temulawak, kayu manis, daun asam jawa muda, kapulaga, kunyit, dan gula merah. Jamu ini bermanfaat untuk menyegarkan badan, dan membantu tubuh dalam mengeluarkan racun (detoksifikasi), karena zat racun yang dikeluarkan maka dari dalam tubuh, akan membuat kulit menjadi lebih carah dan mengurangi jerawat. Kira-kira sobat mau coba gak kalo jamunya enak kayak gini?

Kencur

Kencur dikenal dimasyarakat sebagai pelangsing alami, tetapi jika kita lihat lebih dalam ternyata kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang didalamnya terkandung senyawa bernama borneol, kamfer, sineol, dan ethilalkohol yang mana senyawa tadi bermanfaat untuk tubuh, sehingga banyak orang memanfaatkan kandungan tadi sebagai pelarut dahak atau pembersih tenggorokan dari lendir yang menyumbat hidung, mengeluarkan gas dari system pencernaan, menghangatkan badan dan sebagai pelangsing alami, dan ada satu lagi yang bermanfaat untuk tubuh, yaitu kandungan antioksidan yang mampu menolak radikal bebas sebagai penyebab penuaan dini.

Jahe

Salah satu bahan alami yang sangat mudah ditemukan, hampir semua orang tahu jahe, apalagi olahannya seperti wedang jahe, bandrek, ronde, dan minuman STMJ (susu telur madu jahe), empat contoh olahan jahe diatas sangat digemari di masyarakat, selain dapat menghangatkan tubuh, ternyata jahe memiliki keunggulan lain yang mungkin sobat tidak tahu, beberapa diantaranya adalah digunakan sebagai penambah tenaga, pemulihan dari sakit, menyembuhkan radang tenggorokan dan menyembuhkan batuk kering.

Jahe juga memiliki fungsi lain seperti menambah nafsu makan, karena jahe akan merangsang usus dan selaput lendir perut besar, yang mana akan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mentimun

Buah satu ini selain mudah ditemui dan murah harganya, menyimpan banyak manfaat juga ternyata lho, kandungan air yang banyak pada buah ini, membuat buah ini dapat menjadi pelembab alami dan sering kali digunakan untuk tujuan mengurangi dan menyamarkan kantung mata.

Kandungan air yang banyak pada mentimun ini mengandung berbagai macam vitamin yang dapat berguna untuk tubuh, buah ini mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B2, dan vitamin C yang sangat berguna untuk mencegah penuaan dini, sebagai antioksidan alami, dan membuat kulit tetap kenyal.

Jika dimakan atau dikonsumsi, dapat membuat tubuh dan kulit terhidrasi dari dalam, karena kandungan air yang banyak pada mentimun, selain itu mentimun dapat meluruhkan racun yang berada pada kulit dan meluruhkan lemak.

Baca Juga:

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here