10 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

0
106
(Credit:Pixabay/Pexels)
- Advertisement -

Pada awal tahun hingga pertengahan bulan, iklim di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Suhu udara mulai menjadi dingin dikarenakan hujan yang terus mengguyur dari pagi hingga malam hari. 

Peralihan musim dari kemarau ke penghujan, biasanya akan membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan udara yang lebih rendah dari biasanya. 

Memang untuk sebagian orang terkena hujan beberapa kali tidak akan berdampak pada tubuh mereka, namun ada juga yang baru sekali terkena hujan keesokan harinya sudah terkena demam. Maka dari itu agar tubuh tetap sehat pada saat hujan datang, ikuti beberapa tips Cintajamu.id  dibawah ini : 

1. Selalu Sedia Payung dan Jas Hujan

Kedua benda ini sangat wajib dibawa kemanapun anda pergi saat musim hujan. Karena dua benda  ini dapat melindungi tubuh anda dari derasnya air hujan.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Pada saat musim hujan, suhu didalam maupun diluar ruangan menjadi sangat rendah dan tubuh membutuhkan kalori untuk menghangatkan. Selain untuk menghangatkan, tubuh juga membutuhkan banyak nutrisi agar terhindar dari penyakit. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin.  Vitamin C dan Antioksidan untuk menguatkan imun tubuh. 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Pada musim hujan seperti saat ini sangat penting untuk mengkonsumsi air putih juga membantu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh dan menjaga kekebalan tubuh.  

4. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Hangat 

Saat hujan sedang hujan atau setelah hujan, udara disekitar menjadi lebih dingin. Udara yang dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh, maka dari itu pada saat musim hujan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat agar suhu tubuh tetap stabil. 

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Intensitas hujan yang deras, akan membawa sampah dari berbagai tempat dan mengendap di pekarangan rumah. Sampah yang mengendap tersebut merupakan sarang dari berbagai penyakit. Maka dari itu anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah anda agar tidak menjadi tempat bersarangnya penyakit. 

6. Gunakan Pakaian Hangat 

Saat hujan turun suhu menjadi turun dan udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Gunakanlah pakaian hangat atau tebal untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan melindungi tubuh dari dinginnya udara. 

7. Segeralah Mandi Setelah Kehujanan 

Mungkin tips yang satu ini terlihat konyol. Hujan memang tidak langsung membuat tubuh kita menjadi sakit, namun bisa saja airnya mengandung partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh udara yang mungkin terhirup oleh kita. selain itu, terkena cipratan genangan air kotor saat musim hujan membuat bakteri atau virus menempel pada kulit. Terlebih ketika kondisi tubuh kita sedang tidak dalam keadan baik, maka akan sangat mudah terserang penyakit. 

8. Mencuci Tangan

Mungkin anda memiliki kebiasaan yang buruk, tidak mencuci tangan saat ingin makan atau melakukan sesuatu dan kebiasaan ini yang harus dirubah. Tangan merupakan tempat yang baik untuk dijadikan rumah bagi  virus dan bakteri, Jika anda malas untuk mencuci tangan, bawalah hand sanitizer kemanapun anda pergi. 

9. Kurangi Begadang 

Begadang merupakan kebiasaan yang sangat buruk yang harus dihindari, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Cuaca yang tidak menentu, membuat tubuh bekerja lebih ekstra untuk melawan berbagai penyakit yang biasa muncul ketika musim hujan datang. Jadi istirahatkan tubuh anda ketika malam hari. Tidur yang cukup juga bisa menghilangkan stress. 

10. Hindari Jajan Sembarangan

Sementara ini berhenti dulu untuk jajan di pinggir jalan. Tidak akan ada yang menjamin kalau makanan atau minuman yang dijual itu bersih. Terlebih saat musim hujan seperti saat ini, jalanan menjadi becek dan banyak genangan air.  Jajanan yang dijual di pinggir jalan bisa saja menjadi salah satu penyebab anda sakit saat musim hujan. 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan pada saat musim hujan tiba. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua nya.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here