- Advertisement -

Menjadi salah satu minuman yang difavoritkan kalangan generasi muda, kopi memiliki beragam jenis yang sangat cocok dinikmati ketika sedang bekerja, belajar, maupun saat sedang santai lho. Sensasi rasa dari berbagai macam jenisnya mampu memberikan kesan tersendiri kepada penikmat kopi. Beberapa jenis kopi yang sering kali kita jumpai yaitu kopi hitam, espresso, latte, cappuccino, mocaccino, caffè macchiato, frappe dan masih banyak jenis kopi lainnya.

Bicara tentang kopi, kamu tentu sudah tahukan bahwa kandungan kafein di dalam kopi itu memiliki efek yang beragam pada tubuh seseorang. Untuk kamu khususnya wanita, kandungan kopi ini memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat kopi untuk wanita? Simak ulasan cinta jamu berikut ini:

1. Meningkatkan Mood

Manfaat kopi untuk wanita yang pertama ialah dapat meningkatkan mood. Wanita cenderung memiliki mood yang naik turun alias tidak menentu. Kafein dalam kopi ini mampu meningkatkan detak jantung sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Jadi minum kopi ini cocok banget buat kamu yang moody-an girls.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Selain mampu meningkatkan mood, kopi juga bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi kamu girls. Cobalah minum kopi sesaat sebelum mulai bekerja, khususnya buat kamu yang membutuhkan konsentrasi dalam bekerja. Tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi karena kegiatan kamu menjadi lebih fokus.

3. Mengurangi Risiko Depresi

Seseorang mengalami depresi biasanya ditandai dengan perasaan sedih yang memiliki dampak negatif terhadap pikiran, perasaan, dan juga terhadap kesehatan mental. Depresi sendiri bisa terjadi dikarenakan adanya efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu.

Depresi dapat terjadi kepada siapa saja. Seseorang mengalami depresi memiliki rentan waktu yang berbeda. Perlu kamu ketahui, bahwa wanita dua kali lipat lebih mudah terkena depresi bila dibandingkan dengan pria. Beberapa faktor seperti masa puber, masa kehamilan, faktor genetik, menstruasi, masa perimenopause atau masa transisi menopause, dan pengaruh dari kondisi lingkungan adalah kemungkinan wanita terkena depresi.

Menurut hasil penelitian dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, wanita yang minum 4 gelas kopi atau lebih dalam waktu sehari memiliki peluang lebih rendah terkena resiko depresi. Karena kafein pada kopi memiliki zat antioksidan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga menurunkan tingkat kemungkinan seseorang mengalami depresi. Namun perlu diingat, konsumsilah kopi dengan porsi yang secukupnya.

4. Mencegah Kanker

Faktanya kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap lho. Kopi memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup banyak dan dapat membantu tubuh menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas. Polifenol, flavonoid, asam klorogenat, dan tokoferol adalah beberapa senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi.

5. Mencegah Penyakit Metabolik

Tidak hanya menekan pertumbuhan kanker, senyawa antioksidan di dalam kopi juga membantu mencegah terjadinya diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

6. Mengurangi Sakit Kepala

Masih dengan kandungan kopi yaitu kafein, dimana jika mengonsumsi kafein secara berkelanjutan akan membuat tubuh menjadi toleran terhadap kafein. Konsumsi kafein membantu meningkatkan tekanan darah dan detak jantung pada dinding pembuluh darah. Hal ini yang membuat kafein dapat mengurangi bahkan mencegah timbulnya sakit kepala migrain.

7. Menjaga Memori dan Mencegah Kepikunan

Pada kasus Alzheimer, minum kopi dapat menurunkan pembentukan beta-amyloid di otak, yang merupakan penyebab terjadinya Alzheimer. Di usia 30 – 50 tahun seseorang dianjurkan minum kopi karena dapat mencegah terjadinya gangguan memori atau terkena penyakit Alzheimer.

Sedangkan pada kasus Parkinson, diketahui zat kafein dalam kopi dapat mencegah terjadinya degenerasi pada neuron dopaminergik di otak dan dapat menurunkan risiko terkena Parkinson.

8. Membakar Kalori

Mengapa kopi dikatakan mampu membakar kalori dalam tubuh?, ini karena kopi mengandung beberapa zat aktif seperti kafein, asam klorogenat, theobromine dan Theophylline (zat yang terkait dengan kafein) yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Kopi merangsang sistem saraf langsung ke sel lemak untuk memecahkan lemak tubuh dan melepaskannya ke dalam darah.

Baca Juga:
9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kafein dalam kopi membantu mempercepat metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan sehingga tetap terasa kenyang. Jadi dengan konsumsi kopi bisa mencegah naiknya berat badan girls. Tapi perlu diingat ya, kopi pahit tanpa gula yang bisa menekan rasa nafsu makan kamu lho. Jangan lupakan sarapannya ya… karena sarapan baik untuk tubuh.

10. Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat ke-10 ini membuat wanita sangat senang, kok bisa ya? Tentu bisa girls, karena kopi akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Mengonsumsi kopi 2 sampai 3 gelas perhari terbukti membuat kulit menjadi cerah dan juga menjaga keremajaan nya. Selain bisa dikonsumsi, kopi juga bisa dijadikan sebagai scrub dalam metode kecantikan. Terbukti dari banyaknya produk kosmetik yang tersebar dengan bahan dasar kopi.

Baca Juga:

Girls ingat ya, konsumsilah kopi dengan jumlah yang cukup yaitu 1 sampai 2 gelas sehari dan sajikan kopi dengan cara yang tepat. Walaupun terbukti membuat bahagia karena kandungan kafeinnya, tetap perhatikan penggunaan gula dalam kopi, selalu pilih gula rendah kalori agar kadar gula di dalam tubuh tetap stabil dan tidak menyebabkan diabetes.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here