10 Macam Buah Untuk Menurunkan Berat Badan

0
203
- Advertisement -

Memiliki berat badan yang melebihi batas merupakan masalah besar bagi sebagian orang. Banyak faktor mengapa sebagian orang memiliki berat badan yang lebih. Bisa karena pola makan dan hidup tidak sehat atau faktor genetik.

Siapa sih yang ngga mau memiliki berat badan yang ideal ? Semua orang pasti ingin memilikinya entah itu laki-laki atau perempuan. Berbagai cara ditempuh untuk menurunkan berat badan. Salah satu usaha agar berat badan bisa turun selain dengan olahraga dan diet yaitu dengan cara mengganti kebiasaan memakan makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori, dengan makanan yang rendah lemak dan kalori. Nah, buah-buahan adalah makanan yang kaya akan serat namun rendah lemak dan kalori.

Meski begitu tidak semua buah yang anda makan bisa menurunkan berat badan. Setiap buah memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda, termasuk untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan :

  1. Blueberries

Blueberries memiliki banyak antioksidan yang akan menjaga ginjal dan kadar kolesterol. Buah kecil berwarna ungu ini bisa melunturkan semua racun dari tubuh dan sudah terbukti bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Jika anda biasa sarapan dengan oatmeal coba tambahkan blueberries sebagai campurannya. Saat sore harinya, jadikan blueberries sebagai makanan ringan.

2. Pir

Buah pir mengandung banyak serat dan sangat bagus untuk menurukan berat badan. Jadikan buah pir sebagai camilan saat anda sedang bersantai, karena buah ini dapat menahan rasa kenyang lebih lama.

3. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, asam folat, dan serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu juga kiwi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membakar kalori lebih cepat. Meskipun mengandung gula, namun kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka dari itu mengkonsumsi kiwi tidak akan membuat gula darah naik. Kandungan seratnya juga membantu menjaga kesehatan usus dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

4. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang hampir 90% mengandung air dan serat. Maka dari itu semangka menjadi salah satu buah yang bisa menurunkan berat badan. Jadikan buah semangka menjadi camilan ketika anda merasa lapar, karena dengan memakaan beberapa potong semangka bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Strawberry

Menjadikan strawberry sebagai camilan untuk menurunkan berat badan merupakan pilihan yang tepat. Karena dalam satu buah strawberry mengandung asam folat, air dan rendah kalori. Sangat baik untuk mendetoks dan melancarkan pencernaan. Selain buahnya yang bermanfaat, daunnya juga bermanfaat untuk dijadikan teh yang berfungsi sebagai anti-peradangan dan daya tahan tubuh.

6. Apel

Apel jelas mengandung banyak serat, dangan rasanya yang manis bisa meredam keingin anda untuk ngemil dan mengandalikan nafsu makan. Selain itu juga apel mengandung air yang bisa mebuat perut merasa kenyang.

7. Pisang

Buah yang satu ini memang mengandung banyak kalori dibanding dengan buah lainnya, tetapi pisang juga bisa digunakan sebagai salah satu buah yang bisa menurunkan berat badan. Karena pisang memiliki tingkat Indeks Glikemik yang rendah sampai sedang maka bisa membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan.

8. Lemon

Banyak orang yang sudah tahu kalau lemon sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Anda bisa menjadikan lemon sebagai jus atau dengan mencampurkan irisan lemon dengan air dan menjadikannya sebagai infused water. karena lemon dapat membakar lemak-lemak yang ada di tubuh, dan mengubahnya menjadi tenaga.

9. Pepaya

Selain disukai banyak orang karena rasanya yang manis tetapi rendah kalori dan mengandung banyak serat. Pepaya juga bermanfaat bagi usus dan melancarkan pencernaan.

10. Melon

Sama seperti semangka, melon juga memiliki kadar air yang cukup tinggi dan kaya akan serat. Melon mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, likopen dan kalium. Konsumsi buah melon menjadi camilan ketika anda merasa lapar, karena dengan memakaannya secara langsung atau dicampurkan dengan buah lain sebagai salad buah.

Itu lah beberapa buah yang bisa menurunkan berat badan. Namun untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan anda, tidak hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan, tetapi dibarengin dengan olahraga dan menjaga pola makan sehat.
Semoga bermanfaat untuk anda.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here