10 Gaya Hidup Yang Gak Bikin Sakit

0
403
Photo by Pexels
- Advertisement -

Cintajamu.id – Sejak WHO (World Health Organization) menetapkan #COVID19 sebagai pandemi global atau epidemi penyakit yang menyebar di wilayah luas, Kementerian Kesehatan (kemenkes) menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas dirumah (work from home), seperti bekerja dan belajar.

Walaupun melakukan kegiatan hanya di dalam rumah, tentu kamu juga harus perhatikan kebersihan diri dan tetap menjaga kesehatan. Siapa bilang menjaga kesehatan tubuh hanya dengan konsumsi makanan yang memiliki nilai gizi seimbang. Kamu juga perlu perhatikan gaya hidup sehari-hari, apakah sudah benar atau belum. Dengan menjalankan gaya hidup sehat, tubuh akan terasa semakin kuat dan kulit terlihat awet muda.

Untuk mendapatkan tubuh sehat tidak selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Menerapkan gaya hidup sehat bisa kita lakukan tanpa adanya batasan dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali.

Penerapan gaya hidup sehat harus dilakukan sejak dini, agar terbiasa hingga tua nanti. Karena kesehatan bukan hanya nikmat yang bisa kita rasakan sendiri, tapi juga kesehatan bisa membawa kebahagiaan.

Ini dia 10 tips gaya hidup yang gak bikin sakit versi cintajamu:

1. Perbanyak minum air putih

Photo by Pexels

Dengan banyak minum air putih akan membantu menjaga kesehatan ginjal kamu. Terlebih bagi kamu yang bekerja atau melakukan kegiatan di ruangan ber-AC, karena jika terlalu lama berada diruangan ber-AC akan membuat kamu menjadi dehidrasi dan kulit menjadi kering. Minumlah minimal 8 gelas sehari dan hindari minuman beralkohol.

2. Konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan

Photo by Pexels

Sudah pasti makan-makanan bergizi akan membuat tubuh menjadi sehat, apalagi kalau makanan tersebut masih segar atau fresh. Makanlah sayuran berwarna hijau yang tinggi akan kandungan zat gizi alami, selain kaya akan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat besi, kapur, magnesium dan fosfor.

Baca Juga:
Wajib Tahu 9 Manfaat Minum Jamu Setiap Hari
Benarkah Temulawak dapat menangkal Covid-19?
Mencegah Virus Corona Dengan 10 Bahan Makanan Pendongkrak Imun
Coronavirus (2019-nCoV) – Gejala dan Pencegahan

Tidak lupa dengan konsumsi buah ya guys, makanlah 3 – 5 butir buah setiap hari. Dengan konsumsi buah akan mengurangi konsumsi karbohidrat dan itu baik untuk tubuh juga kulit kamu.

3. Makan teratur dengan gizi yang seimbang

Tubuh akan memberi sinyal yaitu menurunkan metabolisme bila sedang lapar, tentunya hal ini tidak bagus untuk proses penurunan berat badan. Pastikan jadwal makan secara teratur sedikitnya 3 kali sehari.

Baca Juga:
Sarapan Sehat Agar Selalu Semangat
Dampak Buruk Dari Menahan Lapar Bagi Kesehatan
Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Setiap Hari

Makanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan, karena tubuh kita mendapatkan sumber tenaga dari makanan. Jadi perlu diperhatikan jenis dan mutu makanan yang dikonsumsi, seperti tinggi serat, rendah lemak, dan mengandung gizi seimbang. Hindari makanan dan minuman instan karena pengawet yang ada di dalamnya bisa menyebabkan penurunan kinerja organ, sehingga rentan terhadap penyakit.

4. Aktif bergerak dan berolahraga

Memiliki kesibukan sebagai pekerja yang lebih sering menghabiskan waktu di depan layar komputer biasanya akan membuat kamu jadi lebih sedikit bergerak. Hal yang perlu kamu lakukan untuk tetap aktif bergerak adalah dengan berolahraga, karena olahraga baik untuk kebugaran tubuh.

Baca Juga:
6 Cara Cepat Mengecilkan Paha dan Pinggul
10 Macam Buah Untuk Menurunkan Berat Badan

Apalagi jika kamu ingin menurunkan berat badan. Karena menurunkan berat badan tidak hanya mengurangi porsi makan, tapi juga dibantu dengan berolahraga. Kamu bisa mulai dengan berlari atau jalan kak. Keduanya merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan. Selain dapat menghilangkan stress juga membantu mengencangkan otot, menyehatkan jantung, melancarkan pernafasan, juga membuat kamu tampak lebih muda dan segar.

5. Perhatikan sinar matahari

Photo by Pexels

Tahukah kamu bahwa ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Jadi ada baiknya sebelum keluar ruangan kamu menggunakan krim tabir surya atau kamu juga bisa kenakan topi dan payung. Bukan berarti tidak boleh terpapar sinar matahari ya guys… sinar matahari pagi baik agar tubuh bisa membuat vitamin D dan memperbaiki mood lho!

Baca Juga: Hal Penting Yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit

6. Terapi mandi air panas

Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan beberapa temuan penting tentang mandi air panas. Diketahui terapi mandi air panas dapat membantu mengatasi penyakit kulit dengan cara menambahkan sodium bicarbonate (yang akan bertindak sebagai antiseptik) ke dalam air mandi.

Mandi air panas sebelum tidur memberikan efek rileks pada tubuh. Teteskan minyak esensial lavender, cendana atau vanilla ke dalam air mandi agar kamu merasa lebih rileks. Jangan lupa untuk pasang aroma terapi ditambahkan dengan suara music yang lembut dan menenangkan.

7. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Bila kamu perokok aktif, mulai sekarang cobalah berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Merokok memberikan efek negatif pada otak dan juga dapat merusak paru-paru. Bukan hanya memberikan dampak buruk bagi diri sendiri, rokok juga bisa menjadi bahaya bagi perokok pasif. Hal ini dikarenakan terlalu banyak menghirup asap dari rokok tersebut.

8. Membaca buku dan mendengarkan musik

Jenuh karena hanya dirumah saja? Kamu bisa menghilangkan kejenuhan dengan mendengarkan berbagai macam cara, seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

Dengan membaca, akan menambah pengetahuan menjadi lebih luas dan meningkatkan daya berpikir otak. Sedangkan melodi merupakan obat yang baik untuk mengatasi kejenuhan, mengurangi stres, memperbaiki mood, menurunkan tekanan darah, dan membantu menghilangkan insomnia.

9. Rajin mencuci tangan

Photo by Pexels

Sering-seringlah mencuci tangan, apalagi setelah kembali ke rumah atau habis berada di tempat umum. Banyak bakteri yang menempel pada tubuh, untuk itu cucilah tangan menggunakan sabun hingga bersih.

10. Hilangkan stres dengan tersenyum

Senyum menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan ketika mulai merasa stres. Bebaskan Ketika saraf terasa tegang dan perasaan cemas menghampiri, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan jangan lupa untuk tersenyum ^^

Nah… itu dia beberapa tips gaya hidup sehat ala cintajamu, kamu punya tips gaya hidup sehat gak bikin sakit sendiri? Yuk share di kolom komentar. Karena berbagi pengetahuan itu baik


Sumber:
  • Cyntia Widjaja, 365 Hari Sehat Tanpa Sakit. Golden Books, Cetakan I, 2011 – ISBN 978-602-98035-0-1
    • Caffeine. www.medicinenet.com/caffeine/article.htm
    • healthfood-guide.com/HealthFoodDrink
    • Stress Management How To Reduce, prevent, and Cope with Stress.helphuide.org/mental/
    • www.helpfulhealthtips.com/ways-to-reduce-calories-in-the-body/
    • www.therunersguide.com/benefirsofrunning
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here