10 Cara Atasi Nyeri Luka Pasca Operasi Caesar

0
50
Photo by troyanphotos from canva
- Advertisement -

Cintajamu.id – Salah satu proses persalinan yaitu dilakukan dengan cara operasi caesar. Cara ini merupakan prosedur persalinan untuk mengeluarkan bayi melalui sayatan di perut. Mengapa hal ini dilakukan? Operasi caesar dilakukan ketika persalinan melalui vagina tidak memungkinkan dilakukan atau jika terjadi komplikasi kehamilan.

Operasi caesar akan meninggalkan bekas luka dan biasanya menimbulkan rasa nyeri pada luka tersebut. Rasa nyeri pada luka bekas caesar seringkali dikeluhkan oleh para wanita pasca melahirkan.

Kondisi seperti ini wajar terjadi, karena banyaknya lapisan perut yang harus dibedah ketika mengeluarkan bayi dari dalam kandungan. Dan tentu saja sebagian wanita pasti akan merasa terganggu akibat rasa nyeri tersebut. Lalu, adakah cara untuk mengatasi nyeri luka pasca operasi caesar? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri luka pasca operasi caesar.

Cara Atasi Nyeri Luka Caesar

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk meredakan nyeri pasca operasi caesar:

1) Terapi Air Hangat

Berendam ataupun mandi dari pancuran menggunakan air hangat akan memberikan efek relaksasi dan perasaan tenang. Tak lupa juga untuk membersihkan kotoran pada luka bekas operasi menggunakan air hangat dan peralatan yang steril.

2) Hindari Aktivitas Berat

Kurang lebih minimal sampai enam minggu setelah operasi hindari aktivitas yang berat. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengangkat benda berat. Jika tubuh dipaksakan melakukan aktivitas yang berat akan menimbulkan rasa nyeri pada bekas luka caesar.

3) Istirahat Yang Cukup

Selain menghindari aktivitas yang berat, istirahat yang cukup juga bisa membantu meredakan nyeri akibat luka caesar, terlebih lagi pasien habis melakukan operasi.

4) Latihan Berjalan dan Bergerak Aktif Bertahap

Menghindari aktivitas berat memang diperlukan, namun latihan berjalan dan bergerak aktif secara bertahap juga diperlukan. Karena jika tubuh tidak digerakkan, kemungkinan timbul rasa nyeri akan terus-menerus dirasakan.

Dengan melakukan latihan jalan ringan akan membuat otot dan persendian mengendur. Hal ini juga berguna dalam melatih pergerakan tubuh serta membantu mempercepat proses pemulihan ataupun penyembuhkan setelah operasi.

5) Gunakan Pakaian Longgar

Setelah operasi pastinya akan mengalami ketidaknyamanan dan mati rasa pada bagian perut bawah. Hal ini juga tidak memungkinkan bisa menggunakan celana yang pas. Untuk itu, gunakan pakaian longgar dan nyaman selama beberapa minggu setelah operasi. 

6) Konsumsi Obat Anti Nyeri

Biasanya setelah melahirkan secara caesar, Dokter akan memberikan resep obat anti nyeri. Tentunya mengonsumsi obat anti nyeri tetap sesuai anjuran yang sudah ditentukan.

7) Latihan Dasar Panggul

Dengan melakukan latihan dasar panggul membantu mengurangi rasa sakit pasca operasi caesar dan juga memar. Kok bisa?, karena melalui latihan ini dinilai dapat meningkatkan aliran darah ke daerah sekitar luka operasi dan juga membantu proses penyembuhan luka.

8) Konsumsi G-Bumin (Ekstrak Ikan Gabus)

Salah satu makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka operasi adalah ikan gabus. Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi. Ikan gabus pada G-Bumin membantu proses penyembuhan semua luka luar dan luka dalam pada tubuh, seperti diabetes, pasca operasi, dan luka bakar.

G-Bumin merupakan suplementasi albumin alami yang memiliki manfaat dalam membantu mencegah seseorang kekurangan albumin. G-Bumin juga mampu membantu mencukupi kebutuhan albumin bagi tubuh, mempercepat regenerasi sel dan membantu meningkatkan stamina.

10) Konsultasi ke dokter

Segera konsultasi ke dokter jika luka pasca operasi mengeluarkan cairan berbau, seperti nanah, luka mengalami kemerahan, mengalami pendarahan terus-menerus, emam atau keputihan berbau, dan rasa nyeri tidak tertahan lagi.

Perlu diketahui, pemulihan luka pasca operasi caesar setiap pasien berbeda. Luka akan menyusut dan berubah kembali seperti warna awal kulit setelah enam minggu.

Artikel Terkait:
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here